PoltekMu Makassar Targetkan Peningkatan Akreditasi, Civitas Akademika Harus Bersiap

MAKASSAR- Wakil Direktur 1, A.M. Fadhil Hayat, S.KM., M.Kes., sebagai Pelaksana Harian (Plh) Direktur Politeknik Muhammadiyah (PoltekMu) Makassar mengungkapkan, pihaknya menargetkan kampus yang terletak di Jalan Dr Ratulangi itu meraih akreditasi “Baik Sekali”.

“Kami targetkan akreditasi PoltekMu Makassar meningkat dari yang sebelumnya “Baik” menjadi “Baik Sekali”. Pengumpulan bahan-bahan kita lakukan sejak sekarang karena proses akreditasinya dimulai akhir tahun ajaran ini,” ungkap dia saat diwawancarai di ruangannya, pada Selasa, 12 September 2023.

Sebelumnya, PoltekMu Makassar menjadi tuan rumah pelaksanaan pendampingan oleh Tim Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

PoltekMu Makassar menjadi tuan rumah atas pendampingan untuk kampusnya dan Institut Parahikmah ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan.

Pendampingan yang terbagi atas dua kelompok itu dihelat di Kampus PoltekMu Makassar pada Senin, 11 September 2023. Pendampingan tersebut terkait akademik, penjamin mutu, dan kerjasama urusan internasional (KUI).

Karena itulah, materi yang disampaikan dalam pendampingan, yaitu Rencana Strategis (Renstra) Universitas dan Prodi Berbasis Learning Experience Design (LED) dan terkait Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI).

Tim pendampingan juga memberikan materi penyusunan kurikulum Outcome-Based Education (OBE) Prodi, akreditasi universitas dan prodi, dan publikasi ilmiah dosen. Tim pendampingan itu terdiri atas Dr. Burhanudddin Kepala Lembaga Penjamin Mutu Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Hadir pula Dr Edi Jusriadi salah satu asesor BAN-PT dan Dr Andi Husniati, Ketua Gugus Kendali Mutu FKIP Unismuh Makassar.

Lebih lanjut, Wakil Direktur 1 mengungkapkan, pihaknya bersyukur dan antusias atas pendampingan dari Majelis Diktilitbang itu.

Pasalnya, saat ini, PoltekMu Makassar memang sedang getol untuk peningkatan mutu dan akreditasi, baik prodi maupun institusinya.

Terlebih, dalam waktu dekat, program studi Sanitasi sedang dalam proses pengajuan akreditasi. Karena itu, pendampingan itu memang dibutuhkan. “Insya Allah, tim akan kembali turun mendampingi Prodi Sanitasi, pada Senin pekan depan,” kata dia.

Ketika ditanyai perihal target, Wadir 1 mengungkapkan, PoltekMu Makassar berupaya meraih akreditasi “Baik Sekali”, meningkat dari capaian sebelumnya, yaitu akreditasi “Baik”.

Sementara untuk Prodi Sanitasi, pihaknya menargetkan juga terjadi peningkatan dari akreditasi sebelumnya C menjadi “Baik Sekali.”

Karena itu, ia berharap seluruh civitas akademika dapat bekerja sama dengan solid untuk menyiapkan segala hal yang mendukung target itu.

Ia mengungkapkan, Tim Pendamping Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang diketuai Erwin Akib, M.Pd., Ph.D. akan datang lagi memeriksa kelengkapan untuk akreditasi. Ia berharap, civitas akademika PoltekMu memanfaatkan pendampingan itu dengan baik.

Sementara itu, salah satu tim pendamping, Dr Andi Husniati, M.Pd. saat memberikan materi terkait Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) menekankan, audit mutu internal (AMI) harus selalu dilakukan untuk penjaminan mutu program studi. Audit itu, kata dia, dilakukan setiap satu tahun sekali.

Husniati menyampaikan materinya pada Senin, 11 September 2023 siang di Ruang Rapat Prodi Teknik Elektromedis PoltekMu Makassar.

Ia melanjutkan dari laporan atas audit itu, tim penjamin mutu institusi menyusun instrumen berdasarkan laporan hasil audit di tingkat bawahnya.

“Direkrutlah auditor untuk mengaudit setiap lembaga. Hasil audit itu yang kemudian kita analisis, yang hasilnya kita sebut sebagai laporan AMI,” kata Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) FKIP Unismuh Makassar itu.

Leave a Comment